Icon Shutdown, Reboot dan Log Off Pada Desktop

Kali ini saya memberikan cara mempercepat proses Log Off dengan membuat shortcut icon di desktop. Namun tips ini hanya bisa di lakukan pada Windows XP.

Mungkin Anda bertanya-tanya. Kenapa judul artikel ini Icon Shutdown, Reboot dan Log Off pada desktop? Karena cara ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat icon shutdown dan reboot. Biar tidak bertele-tele langsung saja saya berikan caranya di bawah ini:

  1. Klik kanan pada area kosong di desktop. Kemudian pilih menu New => Shortcut.
  2. Pada jendela Create shorcut, ketik “shutdown -s -t 00″ (tanpa tanda kutip) dan klik Next.
  3. Pada jendela selanjutnya berikan nama shortcut tersebut. Misalkan Shutdown karena shortcut ini berfungsi untuk shutdown.
  4. Klik finish untuk mengakhiri dan shortcut Anda telah selesai. Namun shortcut tersebut belum memiliki icon yang tepat. Untuk itu gantilah dengan icon yang Anda inginkan untuk lebih mudah mengenalinya.
  5. Untuk mengganti icon, klik kanan shortcut tadi dan pilih properties.Pada jendela Properties pilih tab shortcut pada bagian atas jendela dan klik Change shortcut icon.
  6. Di jendela shortcut properties, pilih icon yang Anda suka. Misalnya seperti gambar dibawah. dan click OK
  7. Klik OK untuk menutup dan OK lagi pada jendela Shortcut Properties.

Shortcut Anda telah selesai dan telah mempunyai icon yang tepat. Untuk membuat shortcut Reboot dan Log Off anda cukup mengganti cara kedua yaitu pada jendela Create Shortcut Anda ketik “shutdown -r -t 00″ untuk Reboot dan “shutdown -l -t 00″ untuk Log Off.

Berikut saya berikan sedikit penjelasan untuk command “shutdown -s -t 00″. Kata “shutdown” berfungsi untuk memanggil atau mengeksekusi program Shutdown.exe yang digunakan Windows XP untuk shutdown, reboot atau log off. Agar program ini menjalankan perintah yang tepat digunakan parameter yaitu “-s” untuk shutdown, “-r” untuk reboot dan “-l” untuk log off. Sedangkan command “-t 00″ adalah timer shutdown yang berfungsi untuk menentukan waktu untuk melakukan shutdown dalam hitungan detik. Dengan kata lain ketika Anda mengklik icon shutdown tadi, komputer akan di shutdown dalam waktu sekian detik tergantung nilai yang Anda berikan. Dalam contoh di atas adalah 00 detik. Anda bisa mengganti niali 00 tadi dengan nilai yang Anda inginkan.

Selamat Mencoba …

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RF ONLINE GUIDE 100 (POTION)

RF ONLINE SERVER SIDE GUIDE (GM COMMAND)

RF ONLINE GUIDE 94 (BELLATO AMULETS & RINGS)